Senin, 05 November 2012

MENGUBAH AIR FUEL RATIO YAMAHA VIXION DENGAN FI DIAGNOSTIC TOOLS



Karena menggunakan sistem injeksi, belum banyak yang dapat dilakukan untuk setting power mesin. Mengubah air fuel ratio (AFR) menjadi salah satu cara yang paling mudah. Tentu jadi pertanyaan, seberapa besar pengaruh mengubah AFR motor injeksi.


Di motor injeksi sangat berpengaruh. Udara dan bahan bakar ditakar benar benar akurat. Jadi jika ada perubahan terhadap campurannya pasti akan berpengaruh terhadap tenaganya. Hal ini saya coba pada Yamaha Vixion. Melalui alat FI Diagnostic Tool, AFR dirubah untuk mencari perubahan terhadap Torsi dan Tenaga.
Pada FI Diagnostic Tool Vixion AFR dapat diubah dalam bentuk angka. Mulai nol naik +30 sampai -30 dan dari semua angka tersebut dicari mana yang terbaik. Campuran paling kaya belum tentu menghasilkan power mesin paling besar, semua ada batasannya, mengingat mesin masih standar.
Awal pengetesan dilakukan pada angka 0 (nol) dan kemudian yamaha vixion dites di atas dyno test buatan Rextor dimana pengetesan dilakukan sebanyak 3 kali dan dicari hasil tertinggi.
Kemudian melalui FI Diagnostic Tool AFR diperkaya dengan interval 5 poin. Pengambilan datapun dilakukan sebanyak 3 kali untuk mendapat hasil optimal. Terus menerus tiap pergerakan 5 angka pada FI Diagnostic Tool di tes diatas dyno.
Selanjutnya +10 , +15 , +20 , +25. dalam pengetesan memang tidak dilanjutnya sampai +30 karena pada +25 terjadi penurunan tenaga dan torsi. Agar lengkapnya baca tabel sheet di bawah.
FI Diagnostic Tool AFR
Tabel ini bisa jadi patokan berapa poin yang dibutuhkan jika menginginkan poweryamaha vixion bertambah atau hanya mengincar Torsi saja.

Cara Setting Injeksi Yamaha Vixion dengan FI Diagnostic Tool

Sistem pengabutan bahan Yamaha Vixion memang menggunakan system injeksi bukan karburator seperti motor kebanyakan. Nah agar performa si Vixie ini lebih yahud perlu membaca artikel Cara Setting Injeksi Yamaha Vixion dengan FI Diagnostic Tool ini…(promosi) hehehehe…
Setting injeksi pada Yamaha Vixion berguna untuk mengatur kandungan CO ( carbonmonoksida ). Penyetelan CO ini menentukan komposisi campuran bahan bakar dengan udara. Sebelum CO diubah, perlengkapan untuk penyetelan CO ini diperlukan, seperti FI Diagnostic Tool yaitu alat untuk mensetting CO yang disambung ke konektor yang menyambung ke ICU dan Baterai. Alat ini juga berfungsi mengetahui putaran, suhu mesin, kode kerusakan, tegangan baterai, pengapian, kipas pendingin radiator dan mengetahui posisi TPS.

Setelah FI Diagnostic Tool tersambung, penyetelan CO bisa dilanjutkan dengan menghidupkan FI Diagnostic Tool dan memilih mode CO. CO disetel dalam kondisi mesin hidup. Untuk memperkaya campuran CO harus ditambah, jika ingin memiskinkan campuran CO maka harus dikurangi. Penyetelan CO dari -30 s/d +30, jadi totalnya ada 60 tingkat penyetelan dimana tiap tingkat sekitar 0,005 cc bahan bakar bertambah atau berkurang. Setting CO ini berpengaruh terhadap performa mesin. Jika setting CO-nya tidak tepat maka motor malah menjadi tidak bertenaga. Nah, untuk mengetahui apakah setting CO sudah tepat ataupun belum, penambahan CO harus dilakukan secara step by step dan motor harus dijajal di trek lurus. Jika tidak ada tanda2 si Vixie mbrebet berate setting CO sudah tepat.

O y Kalaupun anda tertarik untuk setting injeksi Yamaha Vixion maka harus berkujung ke bengkel resmi Yamaha. Sebab alat ini masih susah ditemui kecuali di bengkel resmi Yamaha. Menurut sumber ( tabloid Oto Plus ) sih, FI Diagnostic Toolberharga sampai Rp 600 rb-an.
Tertarik…?? Nah sekian penjelasan tentang Cara Setting Injeksi Yamaha Vixion dengan FI Diagnostic Tool. Semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar