Cara Setting Karburator Motor
Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) +
Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15.
Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu
1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan
mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misal:
Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI
butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI
campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin
hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun
BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI
suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin
termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer
sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.
Setting Karbu:
Karbu pny 2 spuyer :
Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan
meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan
menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet
ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin
yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :
Ukuran Venturi karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.
Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat
shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.
Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB
dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg
disebabkan kekurangan BB
2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm
tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo
settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin
kebanyakan BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :
Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos
terus mati ya berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat
putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek
pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti
pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.
Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran
yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put
rendah jg maka pilot hrs turun.
Trus tuk kasus2 mainjet:
Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish
jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran
tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet
minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin
SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet
hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.
Note:
Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk
panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar