Senin, 01 Juli 2013

FITUR YANG ADA DALAM WINDOWS 8 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Fitur Unik Windows 8, Kelebihan dan KekurangannyaInilah dia fitur unik windows 8 yang semakin memanjakan penggunanya yang mungkin belum anda ketahui. Secara umum, menurut saya pribadi Windows 8 kali ini lebih mengutamakan performa dan kemudahan penggunanya. Desain tampilan atau visual style dibuat lebih sederhana seperti yang nampak pada icon-icon, tile menu dan bahkan Microsoft Office 2013, selain itu tampilan menu administratif (administrative tools) seperti task manager, services, atau scheduled task -pun kini dapat diakses dengan lebih mudah. Lebih dari itu, saya sendiri merasakan pemakaian dan alokasi RAM atau memori pada windows 8 terasa lebih hemat dibanding versi Windows 7, dan tentunya juga system requirement Windows 8 juga terbilang sangat ringan, sama saja seperti Windows 7.
Selain performa, aplikasi tentunya menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Windows 8 dalam hal ini menawarkan banyak sekali aplikasi yang dapat didownload di windows store. Semua Windows 8 juga didesain dengan berorientasi pada mobilitas dan UI atau user interface yang menarik, lihat saja tampilan start menu dan tilenya yang sangat asyik dipakai dengan layar yang mendukung touch screen. Terlepas dari itu semua, ada beberapa hal yang menurut saya sangat unik dan mempermudah serta memanjakan kita, berikut diantaranya:

Hybrid Shutdown dan Fast Startup

Fitur Unik Windows 8 yang dapat dirasakan secara jelas adalah hybrid shutdown yang memungkinkan komputer mati dengan cepat namun tetap menyimpan system info dalam sebuah file, ketika komputer dinyalakan lagi Windows menggunakan system info tersebut untuk melanjutkan/ menyalakan komputer dengan sangat cepat atau dikenal dengan Fast Startup. Kondisi ini sebenarnya seperti membuat komputer hanya berhibernasi tanpa betul-betul mematikannya. Hal ini tentu membuat pertanyaan “apakah hybrid shutdown dan fast startup ini aman?” Saya sendiri kurang tahu pasti karena microsoft lebih merekomendasikan cara ini, namun di sisi lain saya agak khawatir jika saya harus mencopot baterai laptop (karena berbagai alasan) sementara windows tidak benar-benar mati. Disinilah salah satu kekurangan windows 8, kita harus mencari cara untuk mematikan komputer secara normal jika dihadapkan dengan situasi seperti tadi (meskipun fungsi hybrid shutdown dan fast startup ini sebenarnya tidak benar-benar hilang), dan ketika komputer dihidupkan dan dimatikan secara normal, justru Windows 8 loading lebih lama. Dan satu lagi, pengalaman saya hybrid shutdown dan fast startup ini agak riskan dipakai dengan beberapa antivirus. Saya pernah menggunakan bitdefender dan avast yang menyebabkan komputer blank selama kurang lebih 7 menit ketika startup,huufthh… :sad: Untunglah gejalanya langsung ketahuan dan saya langsung mengganti antivirus saya dengan AVG saja.

Hidden Start Button dan Tile Menu

Bagi sebagian orang tombol start yang tersembunyi ini membuat jengkel dan bingung, padahal tombol start terletak di pojok kiri bawah. Inilah juga yang menjadi kritik dan sindiran bagi Microsoft yang akhirnya berencana akan kembali memunculkan tombol start pada versi Windows 8.1. Adapun tile menu memiliki tampilan warna-warni yang menarik dilengkapi dengan opsinya, termasuk pencarian program yang sangat mudah hanya dengan mengetikkan kata apapun secara langsung sesuai dengan nama program / aplikasi yang dicari. Selain itu, cara ini memungkinkan kita untuk menambahkan aplikasi apapun dengan mudah ke start menu, cukup dengan klik kanan program apapun dan pilih pin to start, jelas ini jauh lebih memudahkan dibanding cara lama membuat dan menambahkan shortcut pada program di versi windows sebelumnya.

Administrative Shorcut

Masih berkaitan dengan Hidden Start Button atau tombol tersembunyi windows 8 ini, jika kita klik kanan di tombol tersembunyi ini maka akan muncul menu-menu administratif seperti Program and Feature, Mobility Center, Control Panel dan lain-lain. Menu yang disajikan sangat membantu kita untuk menyesuaikan settingan dan personalisasi komputer kita. Cara lain untuk mengakses fitur ini adalah dengan menekan tombol Start + X.

Charm Bar

Charm bar adalah menu tersembunyi yang nampak floating atau mengambang pada sisi kanan dan pojok kiri yang terdiri dari menu pencarian, share, start, devices, setting, serta tanggal dan power option. Menu ini sangat memudahkan dalam mengakses menu dan dapat diakses kapan saja (karena mengambang). Cara mengaksesnya adalah dengan mengarahkan cursor pada pojok kanan atau bawah dan bisa pula dengan menekan tombol Start + C. (lihat pula kumpulan shortcut default windows pada keyboard)

Drag Drop Aplikasi atau Snap Multi-tasking

Ini dia salah satu menu atau fitur favorit saya yang ada di windows 8, Snap Multi Taskingmemungkinkan tampilan layar windows menjadi beberapa bagian, yaitu terdiri dari layar windows biasa yang sudah kita kenal dan layar aplikasi yang dapat dibuka bersamaan (Multi Task). Lihat gambar untuk lebih jelasnya:
Cara Pakai Snap Multi Tasking
Untuk dapat menggunakan multitask ini cukup dengan mendrag atau menyeret aplikasi pada bagian atas dan menyeretnya ke kiri atau ke kanan. Atau cara sebaliknya anda juga dapat menyeret bagian atas dekstop ke arah yang diinginkan dan menyandingkannya dengan aplikasi secara bersamaan. Anda juga dapat mengubah ukuran layar dengan menyeret garis pembatas yang berada di tengah (atau bisa juga dengan doubleclick). Adapun untuk aplikasi berbeda dengan windows, aplikasi tidak memiliki tombol untuk menutup, minimize atau maximize. Tapi cara untuk menutupnya cukup unik yaitu dengan menyeret ke bawah sampai aplikasi menghilang sendiri, pretty cool huhh??!!!! :cool:

Snipping Tool atau Screen Capture

Sama seperti windows 7, windows 8 juga memiliki tool untuk menangkap gambar atau screen capture, dan di windows 8 ini caranya sangat mudah yaitu cukup dengan menekan tombolStart + PrintScreen pada keyboard. Namun kekurangannya gambar yang diambil selalu full screen dan pengaturan pada opsi snipping tool tidak berlaku untuk cara ini.

Windows To Go

Dari sekian banyak keunggulan fitur windows 8, ini adalah fitur yang sangat canggih bagi pemakai komputer. Windows To Go memungkinkan pengguna untuk membuat copy atau salinan lengkap sebuat operating system disertai dengan setting, wallpapers, file dan bahkan applikasi ke dalam sebuah USB thumb drive, flashdisk atau hardisk portable. Salinan data ini bisa di buka pada komputer lain yang sudah terinstal Windows 8, dan Anda dapat boot dari Salinan OS yang Anda miliki lengkap dengan semua settinggannya. Meskipun saya belum pernah mencobanya, namun sudah pasti fitur ini adalah salah satu fitur terbaik dan terobosan unik yang pernah dibuat oleh Microsoft.
Nah, itulah beberapa fitur unik dan keunggulan yang dimiliki Windows 8 yang sampai saat ini saya temukan. Tentunya masih banyak keunikan lain yang tidak dapat saya uraikan satu persatu di sini, atau jika Anda ingin menambahkan silahkan berkontribusi dan sumbang informasinya pada komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar