Selasa, 15 Januari 2013

SEMUA TENTANG NOKIA E72


Nokia E72 adalah salah satu handset semua orang berbicara tentang lama sebelum pembebasan mereka. Mungkin ada ada banyak yang bisa dibicarakan - setelah semua orang semua tahu apa yang diharapkan dari Eseries dan mereka tidak pernah mengecewakan kita. Tapi tetap saja, menikmati batch berikutnya Eseries baja selalu menyenangkan.

Finlandia tetap memberi makan amunisi bisnis untuk pasar dan tidak ada keluar dari biasa pada pandangan pertama. Kami sudah mencicipi generasi Eseries yang baru dan E52 dan E55 adalah makanan sehat yang biasa baik. E72 meskipun harus tidak pendek lezat.
Nokia E72 Nokia E72 Nokia E72 Nokia E72
Nokia E72 resmi Foto
Tidak perlu untuk memberitahu Anda Nokia E72 dan bisnis berjalan pembicaraan. Yang besar meskipun memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk dibawa. Kami menebak E72 tidak akan takut dihakimi terhadap utusan terbaik di kelasnya. Tapi itu pasti akan melihat kembali ke bayangan menghantui dalam keluarga sendiri. The Nokia E72 pasti bisa pergi ke mana E71 tidak akan berani. Tapi itu bukan hanya peralatan (yang E72 memiliki banyak sekali) yang membuat pemenang.

Fitur utama:

  • Quad-band GSM dukungan
  • 3G dengan HSDPA 10.2Mbps dan HSUPA 2Mbps
  • Lanskap 2,36 "16M-warna tampilan resolusi QVGA
  • Nyaman QWERTY keypad penuh
  • Optical trackpad pada D-pad
  • Symbian OS 9.3, S60 UI dengan FP2
  • 600 MHz ARM 11 CPU dan 128 MB SDRAM
  • 5 megapiksel auto fokus kamera dengan flash LED
  • Wi-Fi 802.11 b / g, teknologi UPnP, dukungan DLNA
  • Built-in GPS receiver, A-GPS support, digital kompas
  • Accelerometer untuk turn-to-mute
  • 250 MB memori internal, microSD ekspansi, kapal dengan kartu 4GB
  • Standar 3.5mm audio jack
  • Bluetooth v2.0 dengan A2DP support dan microUSB v2.0
  • FM radio dengan RDS
  • Remote Wipe
  • Besar baterai
  • Kantor Dokumen editor (termasuk MS Office 2007)
  • User-friendly Mode Switch untuk bertukar dua setup homescreen
  • Pintar panggilan
  • Penuh dukungan Flash
  • Besar kualitas output audio yang
  • Lifetime Nokia Messaging berlangganan
Kekurangan:

  • Optical trackpad tidak begitu berguna karena kami ingin
  • Fitur kamera yang terbatas, tidak ada geotagging, perekaman video maxes keluar pada VGA @ 15fps
  • Tidak ada dukungan DivX atau XviD (dapat diaktifkan, mungkin membutuhkan pembelian)
  • Tidak ada fungsi TV-out
  • Tidak ada tombol khusus kamera (trackpad mengkompensasi untuk itu)
  • Buruk loudspeaker kinerja
Eseries selalu berusaha untuk mendapatkan lebih banyak keahlian di resume mereka. Tapi satu yang seharusnya menjadi hal besar berikutnya di kelasnya benar-benar mendorong itu. Nokia tidak perlu mencoba dan bereksperimen dengan E72. Membangun otot pada E71 adalah tujuan utama mereka. Dan oleh terlihat dari itu mereka lakukan lebih dari baik. E72 menjanjikan pengalaman yang lebih kaya dan keterampilan yang unggul. Tapi itu masih akan diharapkan untuk memberikan lebih daripada jumlah bagian-bagiannya jika ingin membuktikan apa pun kepada standar-pengaturan E71.
Nokia E72 Nokia E72 Nokia E72 Nokia E72
Nokia E72 di kantor kami
Semangat Eseries adalah semua ada - dan kita menebak di rumah kompetisi selalu dalam gambar. E72 adalah berani dan mengesankan, tapi berhasil untuk tetap sejuk juga, sebagaimana layaknya handset bisnis konservatif. Bersenjata dan berbahaya atau sopan dan rumit - E72 akan menjadi apa pun yang Anda inginkan. Jadi, membuat pikiran Anda, dan mengambil melompat. Kami unboxing dan merasakan baja dingin Eseries di tangan kita.

Paket retail

Paket ritel Nokia E72 memiliki semua bagasi penting untuk alat bisnis. Ini tidak mengherankan meskipun, seperti E71 sudah hampir bahan yang sama. E72 dilengkapi dengan charger standar (tidak berbagai kecil yang kami harapkan) dan kabel data benar-benar pendek (microUSB). Kami tidak cukup berharap Nokia untuk memotong sudut dengan ponsel mahal seperti E72 tapi mereka jelas melakukan.
Sebuah kartu microSD 4GB yang prebundled (E71 memiliki 2-gigs penyimpanan gratis) dan sebagainya adalah headset Nokia standar. Ini adalah salah satu bagian, yang berarti Anda tidak dapat menggunakan remote dengan satu set headphone.
Nokia E72 Nokia E72 Nokia E72
Paket ritel membawa sejumlah kejutan yang menyenangkan
Kandungan ekstra dalam kotak termasuk lanyard kulit, kasus kulit membawa dan kain pembersih bermerek. Sisanya adalah dokumen biasa dan selebaran.

Nokia E72

Nokia E72 berdiri di 114 x 58 x 10 mm dan berat 128g, yang - Anda menebak dengan benar - hampir persis sama dengan E71 (114 x 57 x 10 mm, 127g). Hal ini jelas bahwa Nokia memiliki sedikit pilihan selain mengikuti resep E71 sedekat mungkin. Ya, mereka telah menggunakan styling Eseries yang lebih baru (E52 dan E55) tetapi faktor bentuk dan umum merasa tidak bisa jauh berbeda. Upgrade yang sebenarnya E72 membawa lebih E71 tidak titik di sini. Ini adalah styling dan kesan pertama. Perasaan awal kami adalah E72 sedang mencoba untuk menunjukkan kecanggihan lebih tetapi apakah itu terlihat sedikit lebih lembut atau hanya kita? Mari kita lihat.
Nokia E72 masih antara handset QWERTY tertipis di pasar dan datang dalam tiga warna: Zodium Black, Metal Grey, dan Topaz Brown.

Desain dan konstruksi

Keberhasilan menyapu E71 tampaknya membuka lintang lebar untuk E72 untuk mengeksplorasi. Tetapi upgrade juga harus memenuhi beberapa harapan serius tinggi. E72 adalah alat bisnis yang high-end dan terlihat itu. Entah bagaimana gagal meskipun untuk mengulang kesan yang kuat E71 diproduksi. Cukup adil, kita baik dimanjakan oleh Eseries atau E71 hanya bahwa stroke langka jenius untuk membuat utusan QWERTY salah satu handset paling seksi belakangan ini. Dan pada saat yang sama memang terlihat super tajam dan tak kenal ampun. By the way, ini mungkin juga telah efek yang diinginkan.Sebuah penjualan E72 lebih halus dan dipoles samping E71 ramping dan berarti.
Lubang suara Nokia E72 ditempatkan pusat mati di bagian atas panel depan. Sedikit ke kanan adalah sensor cahaya ambient dan kamera video-call. Sensor cahaya ambient tidak baik untuk mengoptimalkan kecerahan layar dan backlighting yang sangat baik dari keypad QWERTY.
Nokia E72 Nokia E72
Cahaya ambient sensor dan video-panggilan kamera yang tepat di samping lubang suara
Berikut adalah 2,36 "QVGA display, diikuti oleh bank utama kontrol dan tombol navigasi dan keyboard QWERTY Layar, keyboard dan kontrol akan mendapatkan liputan karena mereka dalam waktu singkat.. Di sudut kiri bawah adalah corong telepon.
Ada tiga tombol combo di sisi kanan - volume rocker dengan tombol perintah suara khusus antara atas dan bawah tombol. Tata letak bekerja dengan baik - Anda tidak mungkin untuk mispress tombol perintah suara, yang tenggelam lebih rendah dari kontrol volume. Masalahnya adalah tombol volume yang sebenarnya memiliki umpan balik stroke dan miskin agak rendah.
Nokia E72 Nokia E72
Volume rocker dan kunci perintah suara di sisi kanan ponsel
Di sebelah kiri Anda akan menemukan port microUSB standar dan slot kartu microSD. Kedua lubang yang disegel dengan tutup plastik untuk menahan debu, dan menjaga kontur handset utuh.
Nokia E72 Nokia E72
The port microUSB dan slot microSD
Di bagian atas adalah tombol power dan jack audio 3,5 mm. Tidak ada tanda-tanda tombol listrik sedap dipandang merah Nokia E71 dan kali ini kuncinya adalah bahkan sedikit cekung, sehingga menekan disengaja hampir sepenuhnya dikesampingkan. Tombol power memungkinkan Anda dengan cepat beralih profil dering, mengunci tombol atau aman menghapus kartu memori. Ada pilihan ekstra juga untuk masuk dan keluar dari modus hemat daya.
Nokia E72 Nokia E72
Bagian atas telepon host audio jack 3.5mm dan tombol daya
Bagian bawah utusan Nokia terbaru fitur konektor charger dan lubang lanyard, baik diperas di pojok kiri.
Nokia E72 Nokia E72
Colokan pengisi baterai di bagian bawah oa lanyard lubang juga ada
Panel belakang Nokia E72 terbuat dari halus-beralur stainless steel dan tampaknya tidak memiliki jari-print masalah yang sama dengan E71. Ini akan mendapatkan noda juga, tapi pembersihan mudah dan kain yang disediakan dalam kotak ritel. Bagian belakang E71 adalah hampir mustahil untuk membersihkan.
Rearside, Nokia E72 memiliki fitur 5 megapiksel lensa kamera dengan LED flash.
Lensa kamera menjulurkan mil dan tidak ada perlindungan lensa, kecuali bahwa itu adalah sedikit tersembunyi. Jika Anda membawa handset Anda dalam saku, hal itu pasti akan mendapatkan tergores.Masih modul kamera itu tampak cukup bergaya dan sesuai dengan desain keseluruhan.
Nokia E72 Nokia E72
Kamera lima megapiksel dilengkapi dengan lampu kilat LED dan cermin potret diri
Sebuah kait kecil yang bagus di dasar penutup baterai memungkinkan Anda untuk melepaskannya dengan cepat dan mudah. Anda geser lembut dan lempeng semua logam hanya muncul keluar.
Nokia E72
Melepas penutup baterai adalah sepotong kue
Apa yang di bawah penutup tidak akan datang sebagai kejutan: 1500 mAh BP-4L Li-Ion adalah unit yang sama kita lihat - dan dihargai - di Nokia E71. Untuk E72 itu bahkan dikutip pada 576 jam waktu siaga dan 12 dan setengah jam waktu bicara hanya mengungguli pendahulunya.
Nokia E72 Nokia E72
Umur baterai Nokia E72 benar-benar mengesankan
Mengingat masa pakai baterai yang sangat baik dari E71, kita lebih dari yakin E72 tidak akan mengecewakan Anda.
The E72 Nokia pasti akan mengubah kepala. Kami secara pribadi akan kehilangan beberapa bahwa karisma mengintimidasi yang membuat E71 sangat sulit untuk menolak. E72 adalah tidak kurang dari alat listrik tapi itu entah bagaimana tidak membiarkan cairan tenaga kuda nya dari setiap pori-pori. Dan bahwa dengan cara itu memiliki lebih. E72 menangani dengan baik dan ergonomi adalah kedudukan tertinggi. Ia masih memiliki setiap kotak dicentang pada daftar kami untuk desain: praktis, ramping, cerdas, baja berpakaian, sidik jari resistif.
Nokia E72 Nokia E72
Nokia E72 memiliki ergonomi terpuji

Layar Minimalis

Nokia E72 dilengkapi dengan 2,36 "16M-color display QVGA Ini adalah ukuran yang sama dengan layar dari E71 dan E63.. Dan ukuran tidak masalah di sini, bahkan dari sudut pandang seorang upgrader pandang. Resolusi meskipun adalah hal yang berbeda. Sebuah sedikit layar lainnya pixel-padat akan sudah pasti membuat sebagai besar perbedaan sebagai salah satu penambahan sebaliknya berharga (baik CPU, optical trackpad, 3,5 mm jack hanya untuk beberapa nama) Kami telah melihat Nokia melakukannya untuk S40 (6260 slide. ) dan sudah saatnya mungkin mereka dianggap sebagai kompetisi layar BlackBerry lebih serius.
Nokia E72 Nokia E72
Eseries terjebak di QVGA memberikan blackberry sedikit tepi
Kinerja layar masih besar, dengan kontras yang sangat baik dan gambar yang lebih hidup. Keterbacaan sinar matahari tidak menjadi masalah bagi tampilan E72 Nokia peringkat di antara yang terbaik di kelasnya.

Keyboard 

Nokia E72 QWERTY keyboard adalah replika hampir lengkap dari apa yang kita miliki dengan E63, beberapa perubahan penting dibandingkan dengan E71. Meskipun beberapa tweak kecil, kegunaan keseluruhan yang utuh. Tombol spasi pada E72 lebih kecil, meninggalkan ruang untuk dua kunci tambahan. Salah satunya adalah sangat berguna: tombol Simbol akan mengaktifkan Bluetooth dan mematikan pada pers yang panjang.
Seperti sebelumnya, menekan dan menahan tombol spasi dalam kekuasaan siaga sampai LED sehingga Anda dapat menggunakan ponsel Anda senter. Itu merembes kecil yang bagus dan bahkan menimpa kunci keyboard.
Mungkin Anda seharusnya tidak mengharapkan kecepatan mengetik desktop yang teratur dan Anda pasti akan harus melihat tombol tetapi Anda dapat mencapai hasil yang cukup baik dengan E72. Jika Anda ke banyak mengetik pesan Anda yakin untuk membiasakan diri dengan cepat dan mulai mempercepat jalan Anda melalui teks.
Nokia E72 Nokia E72 Nokia E72 Nokia E72
Keyboard benar-benar baik
Kontrol atas keypad memiliki styling Eseries yang lebih baru di sepanjang garis dari E52 dan E55.Logikanya adalah sama meskipun - dua tombol pilihan, Call dan tombol End, tombol menu dan tiga yang disebut satu sentuhan tombol. Tombol sekali sentuh dapat diatur sebagai jalan pintas untuk setiap aplikasi yang Anda suka, apalagi ikon pada mereka mungkin menyarankan sebaliknya. Selain itu, Anda dapat menetapkan dua aplikasi per tombol, memanfaatkan pers dan tekan-dan-terus fungsi pada mereka semua.
Kali ini bukan satu-sentuhan tombol yang solid pada E71 tenggelam di tengah tombol panggilan sedikit mengangkat dan tombol lembut, kita memiliki tata letak yang berlawanan. Panggilan / softkey dek datar, menggunakan satu piring bersama, sementara empat tombol program yang diangkat dan berbentuk U, yang membuat mereka sangat thumb-friendly dan menekan salah meminimalkan.
Keyboard backlighting sangat mengesankan untuk membuat ponsel tidak ada masalah untuk menangani dalam gelap. Anda dapat mengatur LED sekitar D-pad untuk memberitahukan tentang aktivitas yang terlewat seperti pesan masuk atau panggilan tak terjawab. Ada juga lampu pernapasan option - berkedip lambat dalam siaga ketika layar dimatikan.
Nokia E72 Nokia E72
Kontrol atas keypad adalah sukacita untuk menggunakan
Kabar besar adalah fungsi trackpad dari D-pad. Dalam murni istilah directional pad, E72 berjalan dengan baik - D-pad kecil tapi sangat taktil dan memungkinkan scrolling vertikal dan horizontal yang sangat nyaman dan seleksi. The trackpad optik di tengah adalah sedikit dikecewakan oleh ukuran tombol. Ia bekerja baik-baik saja, tetapi punggungan arah diangkat tidak membatasi ruang yang tersedia untuk menyapu jempol. Hal ini tampaknya mempengaruhi bergulir horisontal lebih buruk daripada navigasi vertikal. Sangat mudah untuk merasakan perbedaan pada BlackBerry Bold 9700 trackpad: itu hampir ukuran yang sama tapi tidak jauh lebih baik dalam hal kecepatan dan respon.
The trackpad E72, Nokia yang panggil optik Navi key, memiliki pengaturan sensitivitas tiga: rendah, sedang dan tinggi. Tinggi adalah apa yang memberi kami hampir respon yang kita cari, meskipun horisontal bergulir tetap agak bermasalah. Pengaturan sensitivitas rendah kami menemukan hampir tidak berguna. Trackpad adalah haptic diaktifkan juga, getaran lembut menandai setiap menyapu jempol.
The trackpad namun luar biasa berguna dalam modus kamera. Pikiran Anda, kita bicara ponsel tanpa kunci rana yang sebenarnya. Menempatkan jari Anda pada trackpad mengaktifkan autofocus dan kunci itu, dan kemudian tekan penuh turun menangkap gambar.
Ia bekerja seperti pesona, dan memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas tembakan daripada mengatakan, kunci rana virtual pada ponsel sentuh. Dan ini tak terbandingkan lebih baik daripada rutinitas dua-key konyol fokus / capture pada E71.

User interface: S60 3rd edition tidak mengejutkan

Nokia E72 berjalan pada Symbian OS 9.3 dengan antarmuka pengguna Seri 60 3rd Edition. Memiliki Feature Pack 2 seperti E52, E55 dan E75 side-slider.
Lebih penting meskipun, Nokia E72 ini didukung oleh CPU 600 MHz sama dengan E55. Dalam istilah Symbian, yang banyak, bahkan tidak andalan saat Nokia - N97 - bisa menandinginya.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Nokia E72 berjalan pada Symbian S60 3.2
Menu utama ponsel memiliki mode tampilan dua: 4 x 3 grid ikon dan daftar. E72 dilengkapi dengan ikon S60 baru untuk sejumput 5th (sentuh) edisi styling. Namun, dengan E72 Anda tidak dapat memilih untuk memiliki ikon animasi seperti pada beberapa ponsel Nokia lainnya. Ini mungkin hanya cara lain untuk mengulangi fokus bisnis telepon. Setidaknya ukuran font secara luas dikonfigurasi tergantung pada preferensi Anda.
The trackpad optik adalah tambahan yang bagus dan dapat membuat navigasi menu lebih halus.Sayangnya, kerangka memaksakan alun-alun D-pad tidak mendukung sweeping jempol.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Menu utama memiliki dua mode tampilan
The stand-by modus aktif usah dikatakan pada Nokia E72. Ini adalah cara yang nyaman untuk menambahkan cara pintas ke semua aplikasi favorit Anda pada homescreen. Anda bahkan dapat menetapkan cara pintas ke situs web pilihan Anda untuk akses cepat.
Selain itu Anda dapat membawa hingga empat belas jenis pemberitahuan di homescreen: kotak email dan pesan suara, melalui kalender dan daftar to-do, dengan trek yang sedang berjalan di Music player dan radio FM. Memilih berapa banyak dari mereka empat belas item untuk menggunakan sepenuhnya terserah pada Anda.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Homescreen dasar, active stand by atau berbicara tema
Setiap tombol sekali sentuh (pesan dan kalender) di bawah layar dapat disesuaikan untuk mengakses setiap fitur (sebenarnya dua per tombol) pilihan. Dua tombol lembut fungsi yang user-dikonfigurasi juga.
Fitur lain yang berguna dari handset Eseries baru-baru ini memungkinkan Anda untuk beralih antara dua setup telepon yang berbeda - yang disebut mode Switcher. Masing-masing dari mereka dapat disesuaikan dengan aplikasi sendiri tema dan homescreen untuk kegunaan maksimal. Dengan cara ini Anda dapat memiliki kedua waktu luang dan profil bisnis dan beralih di antara mereka dengan satu klik.
Memori built-in 250MB, yang merupakan jumlah yang layak. Kartu memori microSD 4GB disertakan datang sangat berguna untuk memperluas, namun kartu kapasitas yang lebih tinggi hingga 16GB juga didukung.
Seperti kita berhasil untuk mengkonfirmasi, Nokia E72 tidak memiliki masalah penanganan kartu microSD 16GB. Mengakses aplikasi atau file lainnya pada kartu memori cepat dan Anda mungkin tidak akan melihat perbedaan dibandingkan dengan mengakses data di memori telepon.
Seperti halnya ponsel Symbian, ada built-in sistem pengenalan suara. Hal ini diluncurkan oleh tombol khusus di sisi kanan E72 dan melakukan pekerjaan yang baik. Ini sepenuhnya speaker-independen dan mengakui persentase yang sangat tinggi dari perintah pengguna.
Dan akhirnya, ada fitur keamanan yang bagus yang dikenal sebagai Remote Lock. Jika Anda Nokia E72 akan dicuri atau hilang, Anda cukup mengirim pesan SMS kode untuk jarak jauh mengunci ponsel.Setelah tiga kali gagal untuk membuka, itu menyeka sendiri bersih dari semua informasi pribadi atau sensitif. Anda mungkin tidak mendapatkan Nokia E72 kembali, tapi setidaknya tidak ada yang akan mendapatkan data pribadi Anda baik.

buku telepon

Buku telepon dari Nokia E72 melakukan pekerjaan yang luar biasa, menawarkan ruang penyimpanan untuk sejumlah hampir tak terbatas dari kontak dan bidang dengan semua memori yang tersedia berpotensi digunakan untuk tujuan itu. Anda juga diperlakukan sebagai berbagai bidang untuk setiap kontak yang Anda inginkan dan beberapa tambahan yang bagus lainnya, jadi tidak ada alasan untuk mengeluh.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Selamat datang di buku telepon
Kontak dapat bebas diperintahkan oleh nama pertama atau terakhir, dan secara alami dapat dicari dengan mengetik bertahap nama apapun. Anda dapat memilih apakah Anda ingin kontak SIM, nomor layanan atau kontak memori telepon yang akan ditampilkan atau alternatif menunjukkan kepada mereka semua pada waktu yang sama.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Beberapa pengaturan yang tersedia
Pencarian prediksi, daftar kontak back-up, serta pengelompokan, juga tersedia.
Mengedit kontak menawarkan berbagai variasi bidang preset dan Anda dapat meniru masing-masing sebanyak yang Anda suka. Anda juga dapat menciptakan lapangan baru jika Anda mampu memikirkan apa pun.
Nada dering pribadi dan video juga dapat ditugaskan. Jika Anda suka, Anda dapat mengelompokkan kontak Anda dan berikan setiap kelompok nada dering khusus.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Good luck berusaha untuk menemukan bidang yang Nokia terjawab • Anda bahkan dapat mengubah nama label
Aplikasi Call log dapat menyimpan hingga 20 catatan panggilan di setiap tab untuk keluar, panggilan masuk dan tidak terjawab. Ini semua diakses dengan menekan tombol Call standby.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Info rinci dari komunikasi masa lalu Anda dapat ditemukan dalam log panggilan
Jika Anda mengakses aplikasi Log dari menu utama, Anda akan melihat daftar rinci dari semua jaringan komunikasi Anda selama 30 hari terakhir. Ini termasuk pesan, panggilan dan transfer data. Anda bahkan dapat menyaring entri (melalui kontak atau jenis), fitur yang berguna jika Anda sedang mencari panggilan tertentu.

Telephony: panggilan baik, loudspeaker tenang

Dengan Nokia E72 Anda tidak mungkin untuk mengalami masalah penerimaan. Suara selama panggilan sangat jelas dan bebas dari gangguan. Ini tidak terlalu keras pada pengaturan paling keras tapi akan melakukan besar kecuali Anda berada dalam pengaturan kebisingan sangat. Seperti cukup banyak handset Nokia, E72 fitur noise canceling canggih, yang biasanya bekerja cukup baik untuk menyaring kebisingan latar belakang.
Nokia E72 juga memiliki fitur panggilan cerdas, yang membantu Anda dengan cepat menemukan kontak langsung pada layar siaga.
Nokia E72 screenshot
Cerdas panggil
Nokia E72 tidak datang dengan aplikasi Manajer Komunikasi Lanjutan keluar dari kotak dan versi gratis yang tersedia di Ovi Store hanya percobaan senilai 20 panggilan. Malu ini model bisnis top-of-the-line tidak memiliki seperti aplikasi berguna untuk menyaring panggilan berdasarkan hitam dan Whitelist.
Nokia E72 juga memiliki dukungan untuk panggilan VoIP - Anda hanya menghubungi penyedia layanan VoIP dan mendapatkan pengaturan panggilan koneksi internet, maka Anda sudah siap.
Kami melakukan uji speakerphone tradisional kami dengan Nokia E72 dan itu dilakukan agak buruk, mencetak bawah rata-rata. Berikut adalah bagaimana membandingkan sama handset lain yang telah kita diuji. Anda dapat menemukan informasi tentang proses pengujian yang sebenarnya, bersama dengan daftar lengkap perangkat diuji di sini .
Pengeras suara ujiVoice, dBMerah muda noise /Music, dBDeringtelepon, dBSecara keseluruhan skor
Nokia E7265.760.266.3Di bawah rata-rata
Samsung B7610 OmniaPRO66.664.772.2Rata-rata
Nokia E7168.066.576.2Baik
HTC Touch Pro274.670.078.1Sangat Baik
Sony Ericsson XPERIA X175.566.682.7Sangat Baik
HTC Touch HD77.773.776.7Unggul

Messaging

Perangkat Eseries yang sebagian besar tentang pesan dan konektivitas dan siapa yang akan tahu bahwa lebih baik dari Nokia E72 tertinggi. Pertama kali Anda menghidupkan telepon Anda akan diminta untuk membuat account email Anda, tanpa meninggalkan keraguan bahwa E72 adalah bagian yang sama telepon dan utusan.
Entri teks adalah fitur membuat-atau-istirahat perangkat dimaksudkan untuk olahpesan berat. Selain keyboard yang relatif nyaman, Anda juga dapat menggunakan prediksi, auto-completion, mengatur tingkat koreksi ejaan dan beberapa tweak lebih.
Kami sarankan mencoba pengaturan yang berbeda - misalnya pengaturan Tinggi untuk koreksi ejaan mungkin terlalu mengganggu dan Anda dapat mengatur bagaimana kata yang disarankan ditampilkan, baik di tempat atau di atas kata saat diketik. Jika Anda menghabiskan lima menit ini, Anda akan memaksimalkan produktivitas Anda mengetik, sambil meminimalkan jumlah kesalahan ejaan.
Nokia E72 screenshot
Input Menu pengaturan
Secara keseluruhan, E72 email client besar dan kemampuan untuk melihat dan mengedit dokumen kantor benar-benar akan membantu Anda tetap up to date saat Anda berada jauh dari kantor. Sama seperti E52 dan E55, E72 juga dilengkapi dengan perangkat lunak Nokia Messaging dimuat bersama dengan berlangganan layanan seumur hidup.
Ada editor pesan tiga kapal: SMS dan MMS berbagi yang pertama, audio dan e-mail memiliki sendiri.Editor SMS adalah aplikasi familiar untuk semua Symbian S60 smartphone.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Sebuah SMS otomatis berubah menjadi MMS ketika Anda memasukkan beberapa konten multimedia
Klien email memiliki tampak hebat dan organisasi pesan. Setiap folder dari kotak surat Anda sekarang dapat diurutkan berdasarkan apapun filter Anda mungkin ingin dan kemudian dapat dicari jika diperlukan.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Menulis email pada E72 adalah sebagai mudah karena mendapat
Anda juga dapat menentukan apa preview folder akan terlihat seperti, yaitu berapa banyak baris per entri, apakah pembagi judul harus diterapkan dll
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Anda dapat mengurutkan email Anda seperti pada email client komputer desktop
Klien email mendukung berbagai standar email pribadi dan korporat seperti Ovi Mail (jelas), IBM Lotus Notes Traveller, Microsoft Exchange, Gmail, Yahoo! Mail, Windows Live Hotmail dll
Enkripsi juga diaktifkan, serta dukungan mobile VPN untuk menghubungkan untuk mengamankan intranet perusahaan.
Nokia E72 screenshot
Pembaca pesan dapat membaca pesan Anda saat Anda sedang mengemudi
Cukup alami, Nokia E72 mendukung setup email sangat mudah dari semua handset Nokia baru-baru ini.Setup email telah sedikit didesain ulang - Anda mendapatkan daftar dari enam penyedia email yang paling populer dan "lain" pilihan untuk sisanya. Sejak saat itu sama seperti sebelumnya - masukkan alamat email Anda dan password dan E72 akan mengurus sisanya.
Yang bekerja hanya jika Anda menggunakan layanan email publik antara 1000 penyedia lebih didukung, jika tidak, anda harus memasukkan pengaturan secara manual. Pastikan telepon tidak dalam modus Offline, karena kita tidak akan menambah kotak surat baru kecuali kita dimasukkan ke dalam kartu SIM.
Keluhan yang kita miliki dengan klien email pada Nokia E72 adalah kurangnya benang. Kita tahu itu hal Gmail, tapi itu fitur yang hebat. Mungkin ketika penyedia email lain layanan mengejar ketinggalan, benang akan mendapatkan dukungan yang lebih baik di luar dunia Android.

Gambar galeri: Eseries dieja dengan N

Galeri gambar adalah sama dengan yang ditemukan di ponsel Nseries dan tampak hebat. Thumbnail gambar dan video tersebut diatur dalam bentuk tapal kuda, dengan pusat gambar yang sedang dipilih atas.
Anda dapat menggulir ke kiri atau kanan dan kecepatan browsing foto meningkat jika Anda tekan dan tahan tombol arah pada D-pad. Hal ini membuat semacam scroller melingkar muncul bersama dengan bulan dan tahun foto itu diambil. Ini bagus untuk cepat melewatkan ton file jika Anda tidak terbiasa memilah-milah kartu memori Anda secara teratur.
Bergulir di galeri ini juga salah satu tempat di mana trackpad optik dimanfaatkan dengan baik.Mendapatkan ke gambar berikutnya dengan menyapu adalah mudah dan membuat untuk pengalaman Nseries benar.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot 
Browsing galeri foto
Zooming sangat cepat, berkat prosesor 600MHz zippy. Ini memperlambat sedikit ketika Anda mendapatkan lebih dari 100% tetapi akan naik ke zoom 400%. Zooming dilakukan sedikit demi sedikit (sekitar 10%) dan panning cukup cepat juga.
Galeri menawarkan slide show bagus dengan efek disesuaikan dan delay antara slide. Anda juga dapat memilih arah slideshow - maju atau mundur dari foto yang dipilih dan jalur untuk pergi dengan itu. Musik juga dapat dimatikan jika Anda inginkan.
Galeri ini juga memiliki sistem penandaan gambar yang sangat baik. Selain geotagging, yang secara otomatis ditangani oleh kamera, Anda dapat menambahkan tag sebanyak Anda ingin foto masing-masing dan kemudian menggunakannya sebagai filter.
Ada juga pilihan untuk mengatur foto dalam Album.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Memperbesar • Anda dapat menambahkan tag ke foto

Pemutar musik: Symbian reguler

Kendali-fitur kemampuan musik bukanlah fokus utama dari perangkat bisnis tetapi pemutar musik dari Nokia E72 masih cukup layak dan kami menetapkan harapan kami untuk kualitas tinggi audio yang baik, mengetahui bagaimana baru-baru ini Eseries perangkat dilakukan.
Kurangnya tombol musik khusus yang mudah diatasi oleh kontrol D-pad mulus. Ada sejumlah besar format audio yang didukung termasuk MP3, AAC, eAAC + dan WMA. Playlist M3U juga dikelola mulus dan file yang ditransfer ditambahkan ke perpustakaan musik bebas masalah dengan memilih opsi refresh.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Pemutar musik ini cukup sederhana
Penyaringan trek menurut artis, album, genre dan komposer yang otomatis dan mencari trek dengan mengetik bertahap juga tersedia.
Pemain dilengkapi dengan lima preset equalizer, bass booster dan efek stereo widening. Anda juga dapat membuat preset equalizer baru jika yang dimuat tidak akan melakukannya.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Preset equalizer yang tersedia • membuat yang baru
Akhirnya, menjadi salah satu ponsel terbaik Nokia lengkap, Nokia E72 alami juga termasuk dukungan untuk profil Bluetooth A2DP, yang memungkinkan mendengarkan musik pada headset Bluetooth stereo.

Video player 

Nokia E72 dilengkapi dengan Real player untuk memutar klip video Anda. Pemutar video bekerja dalam modus lansekap saja dan itu tidak mengejutkan. Modus fullscreen tersedia tentu saja. Fungsi softkey yang tersembunyi di layar penuh sehingga mereka tidak mendapatkan di jalan, dan mereka hanya muncul ketika Anda menyentuh trackpad.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Pusat Video E72 • pemutar video memiliki sangat sedikit kontrol
Layar landscape yang relatif besar dan video klip dukungan MP4 menambahkan hingga pengalaman video lumayan menonton tetapi Anda mungkin akan resor untuk pemain lain pula. Alasan untuk ini cukup sederhana - E72 kekurangan DivX dan XviD dukungan luar kotak. Untungnya, aplikasi mencari untuk S60 3.2 yang mendukung mereka codec adalah tugas yang cukup mudah (meskipun mereka dapat dibayar).

FM radio dengan RDS

The Nokia E72 olahraga stereo FM radio dengan RDS, dikendalikan oleh aplikasi radio terkenal. Setelah memulai, app bertanya tentang lokasi Anda untuk mengatur frekuensi yang tepat untuk wilayah Anda.
Radio FM secara otomatis dapat memindai dan menyimpan stasiun tersedia di wilayah Anda. Scanning untuk frekuensi alternatif ketika bepergian juga dapat diatur otomatis. Anda dapat menyimpan hingga 50 stasiun radio dan pilihan untuk memutar musik melalui loudspeaker tersedia.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
App radio FM

Top-notch kualitas audio

Berikut datang anggota lain musik-berbakat dari keluarga Eseries. Nokia E72 memiliki besar serba kinerja yang dapat membuat beberapa handset musik khusus jelous, apalagi kolega bisnisnya.
Kami katakan bahwa E52 dan E55 adalah pemain terbaik di tim bisnis Nokia sejauh kualitas audio yang bersangkutan, tetapi mereka tidak berpegang pada judul yang lama. Perbedaan tidak besar seperti yang Anda lihat dari meja tetapi perbaikan dalam E72 masih terlihat.
Membandingkan Nokia E72 ke salah satu saingan pasar - BlackBerry Bold 9700 kita melihat kemiripan yang mencolok antara hasil mereka pada pembacaan kebanyakan. Kalau bukan untuk cut-off bass BlackBerry kita akan menduga bahwa itu adalah perangkat keras yang sama dalam kedua. Tetapi pada akhirnya respon frekuensi yang lebih baik membuat E72 pemenang dalam kontes ini.
Pemotongan ke titik - sini pergi hasil sehingga Anda dapat melihat sendiri.
UjiFrekuensi responTingkat kebisinganRentang dinamisTHDIMD + KebisinganStereo crosstalk
Nokia E720.05, -0.26-88.388.20.0120.024-88.8
BlackBerry Bold 9700+0.25, -3,62-89.887.80.0140.023-88.6
Nokia E55+0.05, -0.23-83.683.30.0130.033-84.3
Nokia E52+0.05, -0.22-85.385.00.0140.034-85.4
Nokia E75+0,11, -0.91-91.691.40.0120.462-73.3
Nokia E710,74, -1,26-74.574.70.0160.097-75.8
Sony Ericsson W980+0.31, -1,25-86.089.40.0370.828-86.3

Nokia E72 vs BlackBerry Bold 9700
Nokia E72 vs BlackBerry Bold grafik frekuensi respon 9700
Anda dapat menemukan info lebih lanjut tentang proses pengujian di sini .

Kamera: 5 megapiksel yang sangat baik

The E72 Nokia berarti bisnis bahkan di departemen pencitraan. Sementara 5 megapixel tidak lagi high-end, itu lebih dari cukup untuk penggunaan kasual, bahkan untuk cetakan. Kamera menangkap foto hingga 2592 x 1944 piksel dan olahraga autofocus dan lampu kilat LED, yang dapat digunakan sebagai lampu video juga.
Kamera menggunakan antarmuka tab bagus dan menawarkan pengaturan yang luas: dari white balance manual dan sensitivitas ISO untuk kompensasi eksposur, ketajaman dan pengaturan kontras, serta berbagai efek, yang diberi label warna nada.
Ada beberapa perubahan untuk mengakomodasi trackpad optik dan kurangnya tombol shutter khusus - menyentuh trackpad berfungsi sebagai pers setengah, sambil menekan itu semua jalan benar-benar mengambil foto.
Tab di sebelah kanan dapat ditampilkan dan disembunyikan dengan menekan kiri atau kanan pada D-pad. Tapi sementara tab yang terlihat Anda tidak dapat mengambil foto karena menekan tombol tengah mengaktifkan item yang dipilih dalam menu tab. Anda bisa digunakan untuk itu, tapi itu menjengkelkan tetap.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Antarmuka pengguna kamera cukup familiar
Gridline A juga dapat diterapkan ke jendela bidik untuk membantu Anda dalam membingkai foto Anda dengan menggunakan aturan fotografi pertiga. Menggunakannya untuk menyelaraskan subjek Anda dan titik tempat bunga atau dekat garis dan poin mereka berpotongan membuat foto Anda lebih profesional dan estetika.
Modus urutan dan self-timer bukanlah hal yang baru. Lampu kilat dapat diatur untuk empat posisi: otomatis, selalu, pengurangan mata merah dan selalu off.
Tooltips font kecil ditampilkan untuk membantu Anda memahami apa telepon yang dilakukan pada setiap saat tertentu (pengolahan gambar, misalnya). Anda juga dapat menyesuaikan toolbar menentukan cara pintas untuk menampilkan yang pengaturan dan dalam rangka apa.
Anehnya, pilihan untuk mengaktifkan geotagging yang hilang. Ini bisa menjadi Nokia 5800 jenis kesepakatan, di mana geotagging diaktifkan melalui update firmware.
Kualitas gambar
Kualitas gambar dari Nokia E72 adalah salah satu snappers 5MP terbaik yang kami lihat. Noise reduction akan dipanggil kembali, yang membuat gambar agak bising tapi jumlah detail yang ditangkap tanpa kompromi. Kontras dan rendering warna yang baik, meskipun gambar menunjukkan warna yang agak kekuningan. Hal ini umumnya membuat warna yang lebih hangat dan lebih menarik sekalipun.Rentang dinamis sering tidak cukup lebar, yang menyebabkan hilangnya detail di highlight dan bayangan.
Berikut adalah beberapa sampel gambar sehingga Anda bisa menilai sendiri:
Nokia E72 camera sampel Nokia E72 camera sampel Nokia E72 camera sampel
Nokia E72 camera sampel Nokia E72 camera sampel Nokia E72 camera sampel
Nokia E72 camera sampel Nokia E72 camera sampel Nokia E72 camera sampel
Sintetik Resolusi
Kami juga bentak bagan resolusi kami dengan Nokia E72. Anda dapat memeriksa apa tes yang adalah semua tentang di sini .
Nokia E72 resolusi grafik Nokia E72 resolusi grafik tanaman
Nokia E72 resolusi grafik foto • tanaman 100%
Nokia 6700 classic Nokia 6700 classic
Nokia 6700 classic resolusi grafik foto • tanaman 100%
Rekaman video
Video rekaman pada E72 tidak terlalu mengesankan. Handset berpikiran bisnis mengelola video VGA pada 15 fps, yang jauh dari bintang tapi pasti lebih baik dari apa yang E71 dan E66 yang ditawarkan.
Kualitas video yang direkam tidak sangat baik dan bahkan jika 15 fps diterima untuk Anda, E72 bukanlah camcorder. Kualitas gambar tidak memadai, terutama karena kompresi berat. Selain itu, membuat beberapa warna yang bagus.
Berikut adalah video contoh bagi Anda untuk memeriksa.

Konektivitas: A-lis

E72 adalah benar-benar on fire di mana transfer data dalam pertanyaan - itu hanya memiliki semuanya: dari Bluetooth v2.0 dan USB v2.0 untuk Wi-Fi dan 3G. Selanjutnya, 3G dilengkapi dengan dukungan HSPA untuk transfer jaringan tercepat data - hingga 10.2Mbps dan 2Mbps downlink uplink. Itulah Nokia terbaru modul radio, yang memungkinkan E72 untuk sebanyak tiga kali lipat kecepatan data dari E71.
VoIP adalah tambahan yang bagus untuk fungsi panggilan dari E72, bahkan memungkinkan Anda membuat panggilan darurat jika ada koneksi Wi-Fi yang tersedia dan jaringan sel bawah.
Sebuah slot kartu microSD juga di kapal, dan mudah diakses di sisi telepon. Karena itu hot swappable, itu hanya mungkin menjadi cara tercepat dan paling nyaman untuk mentransfer data.
The jack audio standar 3.5mm juga ada dan satu-satunya hal yang hilang yang dapat kita pikirkan adalah TV-out fungsionalitas.

Web browser 

Browsing internet pada smartphone Nokia jelas merupakan suatu pengalaman yang positif. E72 adalah tidak terkecuali dengan rendering halaman sangat baik - halaman web yang paling terlihat seperti yang mereka lakukan pada komputer desktop. Orientasi lanskap layar membuatnya jauh lebih baik di halaman melihat tidak secara khusus dirancang untuk perangkat mobile.
Kursor mouse virtual adalah mudah untuk mengontrol dan umumnya bekerja dengan baik. Kontrol D-pad di sini ditingkatkan oleh trackpad optik, meskipun tidak sebagus seperti yang kita akan menyukai.Menggunakan trackpad optik, kursor melompat seperti halnya jika Anda menggunakan D-pad, bukannya bergerak lancar. Lompatan yang sama panjang juga, sehingga tidak sangat berguna untuk bergulir baik.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Browsing GSMArena.com pada E72
Sebuah mini-peta dapat diaktifkan dan bahkan muncul otomatis saat Anda menggulir lagi, yang membantu Anda menavigasi website yang kompleks tanpa bergulir berlebihan. Tingkat zoom juga mudah disesuaikan dengan mengorbankan hanya beberapa penekanan tombol. Web browser ini juga menawarkan modus tampilan fullscreen.
Seiring dengan cara pintas tombol biasa, browser di E72 menawarkan toolbar, yang dapat diluncurkan dengan menekan 1 atau menekan dan menahan tombol tengah pada area kosong halaman. Anda dapat menyesuaikan cara pintas berada di toolbar - sampai tujuh pintas seperti "Berlangganan umpan" atau "manager Bookmark".
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Toolbar ini cukup membantu
Browser Nokia E72 dilengkapi dengan dukungan Flash penuh. Ini menangani banyak situs Flash kami melemparkan di itu, tetapi chocked pada orang lain (game paling sering).
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Flash video ditangani mulus
Video Flash sebagian besar bukan masalah bagi browser web E72 - Anda dapat menonton video pada versi fitur lengkap dari YouTube, yang bekerja tanpa hambatan. Dengan video lainnya hosting situs meskipun itu hit atau miss urusan - misalnya, beberapa video di DailyMotion bekerja, tetapi tidak semua. Dari orang-orang yang bekerja, sebagian tertinggal. Pokoknya, YouTube dijamin untuk bekerja.
Browser ini sangat zippy - panning sangat cepat, mudah beban halaman lebih dari 1MB. Satu hal meskipun - hanya tombol numerik yang digunakan sebagai jalan pintas hardware, tetapi mereka hanya sepertiga dari seluruh keyboard. Sebuah opsi untuk menetapkan cara pintas ke beberapa tombol huruf akan mempercepat hal-hal sedikit.

Top-notch PIM dan dukungan Office 2007

Seperti yang mereka katakan waktu adalah uang, sehingga manajemen waktu merupakan kebajikan ponsel bisnis. Ada mengherankan jika Nokia E72 memiliki salah satu paket organizer yang paling rumit yang telah kita lihat. Ada banyak aplikasi yang bagus, semua sangat user-friendly dan fungsional.
Kalender memiliki empat jenis yang berbeda pandang - to-do, mingguan, harian dan agenda serta lima jenis peristiwa yang tersedia untuk menyiapkan - Pertemuan, Rapat permintaan, Memo, ulang tahun dan Agenda. Satu-satunya perubahan dari handset sebelumnya adalah bahwa hal-hal ditata ulang sedikit untuk bekerja lebih baik dengan orientasi landscape layar.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Menyiapkan acara
Modus tampilan agenda benar-benar baik - memungkinkan tanggal bulan dan aktivitas untuk hari yang dipilih untuk tampil bersamaan di layar.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Hari, minggu dan agenda pandangan
Kantor mobile juga sepatutnya ditutupi, dengan penanganan mulus Word, Excel dan Powerpoint file.Selain itu, tidak seperti kebanyakan handset Nokia lain di luar sana, mengedit dokumen didukung langsung dari kotak.
Dengan Nokia E72 anda tidak akan perlu membayar ekstra untuk mengedit dokumen kantor Anda. Dan ada hal lain yang Anda dapatkan secara gratis - dukungan untuk dokumen Office 2007 (docx, dll.)
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
E72 mendukung mengedit dokumen dari kotak
Seorang pembaca PDF juga merupakan bagian dari Nokia E72 terpasang konten dan manajer ZIP memungkinkan file diarsipkan penggalian langsung di ponsel Anda.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Seorang pembaca PDF juga tersedia • Manajer ZIP
Pra-paket lain pengorganisasian dan manajemen waktu aplikasi: konverter unit besar, kalkulator dan perekam suara, serta aplikasi Catatan. Kami tidak akan masuk ke detail dengan mereka, sebagai fungsi dan kinerja yang cukup akrab.
Aplikasi ActiveNotes juga di kapal memungkinkan konten multimedia yang akan ditambahkan ke catatan Anda.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Beberapa aplikasi organizer lainnya: unit converter, kalkulator dan ActiveNotes
The Nokia E72 aplikasi jam alarm memungkinkan sejumlah besar alarm yang akan ditetapkan, masing-masing dengan namanya sendiri dan waktu mulai. Anda juga dapat menyesuaikan waktu tunda dari menu pengaturan.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
E72 ini memungkinkan puluhan alarm yang akan ditetapkan simultanelously
Yang berguna "Cari" aplikasi juga di tangan pada Nokia E72. Ruang yang disediakan dalam menu siaga aktif tidak lagi datang sebagai kejutan. Setelah semua, aplikasi ini berguna benar-benar layak untuk dengan mudah ditempatkan.
Aplikasi itu sendiri menemukan hampir setiap item dalam Nokia berdasarkan kata kunci tertentu. Dari pesan ke pengaturan, setiap bit data diperiksa dan hasilnya kemudian terdaftar.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Jika itu di telepon app Pencarian akan menemukannya
Akhirnya, Nokia E72 dilengkapi dengan kamus. Inggris datang diinstal tetapi Anda juga dapat men-download puluhan bahasa lain secara gratis dari situs Nokia.
Nokia E72 screenshot
Kamus memiliki database yang kaya
App World Traveler membantu Anda ketika mengunjungi sebuah kota baru - itu akan menawarkan ramalan cuaca, jam dunia, info mata uang asing, penerbangan, dan bahkan dunia 3D yang menandai rumah Anda dan lokasi saat ini.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
App wisatawan bisa sangat membantu ketika bepergian ke luar negeri
Berkat presenter nirkabel Anda dapat menangani presentasi langsung dari ponsel Anda.
Nokia E72 screenshot
WiPresenter juga di sini
Multiscanner adalah aplikasi mencari membantu, yang memungkinkan Anda untuk memindai kartu nama baik atau teks. Hal ini tidak dapat memindai teks banyak dalam satu pergi meskipun dan keakuratan OCR mengecewakan.
Nokia E72 screenshot
Multiscanner ini tidak sangat akurat
Tapi tunggu, masih ada lagi - semua barang-barang gratis bisa Anda dapatkan dari Ovi Store. Salah satu aplikasi yang lebih menarik adalah aplikasi Facebook yang dibuat khusus untuk Nokia E71 dan E72. Ini besar secara keseluruhan meskipun memiliki beberapa kinks - itu tidak menunjukkan foto baru bersama atau video di News Feed atau di posting fakta dengan foto bersama atau video.
Namun, Anda dapat melihat semua media bersama dari halaman profil teman Anda 'dan selain dari halangan bahwa aplikasi bekerja sangat baik memang. Ini adalah langkah cerdik dari Nokia untuk tidak meremehkan pentingnya jejaring sosial dalam dunia bisnis - Nokia, Microsoft, bahkan presiden AS semua memiliki halaman Facebook.
Nokia E72 Facebook app Nokia E72 Facebook app Nokia E72 Facebook app
Ada Facebook aplikasi gratis untuk Nokia E71/E72 di Ovi Store

GPS 

Nokia E72 dilengkapi dengan built-in GPS receiver, A-GPS dan Ovi Maps pra-instal. Navigasi berpanduan suara datang pada harga, namun, Anda mendapatkan 10 lisensi drive 1-hari yang datang dengan telepon (harus digunakan dalam waktu 3 bulan setelah membeli handset) dan berjalan navigasi benar-benar gratis bagi pemilik E72.
Versi terinstal dari Ovi Maps adalah 3.0 dan seperti biasa itu cukup bagus untuk bekerja dengan. Ini benar-benar rinci cakupan peta dari sejumlah besar negara dan banyak tambahan seperti informasi lalu lintas, panduan kota dan sebagainya. Sayangnya, fitur tambahan harus dibeli secara terpisah, harus seperti suara-bimbingan setelah masa percobaan telah berakhir.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Nokia maps memiliki empat mode tampilan yang berbeda
Aplikasi ini juga memiliki penampilan yang sangat layak dan algoritma rute mudah disesuaikan perencanaan. Fitur favorit kami adalah modus tampilan 3D, yang sayangnya harus diaktifkan setiap kali Anda me-restart Maps - itu yang aneh, tidak ada keraguan tentang itu.
Ovi Maps juga digunakan untuk navigasi pejalan kaki atau Anda dapat mengganti penerima GPS off dan hanya menggunakan ponsel sebagai peta elektronik. Yang menyenangkan tentang itu adalah bahwa Anda benar-benar dapat preload isi peta, sehingga Anda tidak perlu mengakses jaringan nirkabel untuk men-download itu di mana saja.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Sekilas rute • Menjelajahi • Nokia E72 dilengkapi dengan kompas digital
Nokia E72 juga dilengkapi dengan kompas digital. Dalam rangka untuk itu untuk bekerja, Anda memerlukan peta diperbesar pada posisi GPS Anda. Kompas (sensor magnetometer) diaktifkan secara default, tetapi tidak bekerja saat turn-by-turn navigasi bergerak. Ini cukup berguna saat membuat jalan sekitar Anda berjalan kaki sekalipun, seperti berputar peta untuk mencocokkan bahkan perubahan Anda sedikit arah.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Ovi Maps fitur pengaturan yang luas untuk algoritma perencanaan rute
Jika Anda tidak suka menggunakan Nokia Maps, Anda dapat memilih salah satu aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia di pasar, tidak ada kekurangan dari mereka.
Kesan keseluruhan fungsi GPS Nokia E72 sangat positif, dengan sensitivitas chip yang menjadi sangat baik. Dibutuhkan sekitar satu menit untuk mendapatkan awal kunci bentuk dingin dan sekitar 10 detik pada AGPS. Seluruh pengalaman luar kotak cukup baik untuk kebutuhan sebagian besar pengguna 'dan tidak akan membuat terlalu banyak orang mencari alternatif.

Dua klasik timewasters

Nokia E72 dilengkapi dengan dua pertandingan terinstal, baik klasik hobi.
Yang pertama, disebut Block Cascade Fusion adalah berbagai Tetris, di mana warna juga datang ke dalam bermain - bukan hanya membuat garis, Anda harus berbaris 5 atau lebih blok dengan warna yang sama secara horizontal atau vertikal. Perubahan aturan mengambil beberapa waktu untuk membiasakan diri - baris 5 atau lebih yang sama-warna blok menghilang hanya selama fusi ... blok yang ditinggalkan panik, saat Anda sedang mencoba untuk mencari tahu apa masalahnya. Ini adalah bagian yang menyenangkan, jadi kita tidak akan merusaknya.
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Block Cascade Fusion
Pilihan lainnya adalah Solitaires Top Hit membawa 15 jenis solitaire, dengan klasik seperti Klondike dan Freecell (jika Anda pernah dimiliki PC Anda telah bermain mereka).
Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot Nokia E72 screenshot
Top Hits Solitaires

Akhir kata

Ada suatu masa ketika ponsel memiliki tali dan surat disampaikan dengan tangan. Sebagai perbandingan, Nokia E72 tampaknya seperti komunikator pesawat ruang angkasa. Ini menangani hampir setiap sarana komunikasi yang tersedia saat ini - dari panggilan suara, melalui panggilan video, VoIP untuk SMS, email dan IM.
Jadi melakukan banyak ponsel lain tetapi ada perbedaan utama. Kebanyakan telepon dapat menangani email, tapi itu belum tentu pengalaman yang menyenangkan. Untuk email E72 adalah sifat kedua, mudah digunakan seperti membuat panggilan. Ini bukan hanya perangkat lunak atau hanya perangkat keras, itu bagaimana mereka bekerja sama yang membuat untuk pengalaman yang sangat baik.
Berbicara tentang hardware, "sindrom plastik murah" adalah kutukan dari beberapa smartphone yang paling mampu. Blazing konektivitas nirkabel yang cepat tidak akan menebus plastik mencari cheapish.Namun Nokia E72 memiliki obatnya - metal - dan tampak baik seperti melakukan.
Jadi, Nokia E72 adalah raja dari Eseries tapi apakah itu pilihan terbaik bagi Anda adalah masalah lain.Nokia E71 masih ada sesuatu yang harus diperhitungkan, meskipun E72 membawa perbaikan penting beberapa, kepala yang merupakan kamera upgrade (dan mungkin CPU 600MHz).
The E55 Nokia menawarkan hanya tentang perangkat lunak yang sama dan setengah-QWERTY tidak tertinggal terlalu jauh di belakang keyboard penuh dari E72 setelah Anda terbiasa untuk itu. Tapi sementara dua ponsel adalah pertandingan di membangun kualitas dan sentimeter-tipis tubuh, E55 adalah kompak dan - lebih penting - lebih murah.
Nokia E71 Nokia E55
Nokia E71 • Nokia E55
Mereka yang tidak suka Symbian mungkin akan ingin memeriksa alternatif WinMo oleh Samsung B7320 OmniaPRO dan B7330 OmniaPRO duo. The B7330 khususnya sedang mencoba untuk menemukan sebagai Nokia E72 yang sama, sehingga mungkin akan mendidih ke apakah telepon saat Anda berjalan Symbian atau Windows Mobile.
Kita bicara utusan QWERTY dan selalu ada BlackBerry Bold untuk mencoba dan merusak hari untuk Nokia. The BlackBerry Bold 9700 ini pasti berharap untuk menjadi musuh E72, seperti Bold 9000 itu dogging E71. Meskipun baru-baru ini mereka berkecimpung di pasar ponsel yang populer, ponsel BlackBerry masih lambang ponsel bisnis. Dan yang membuat mereka pada bertabrakan dengan Eseries.
Samsung B7320 OmniaPRO Samsung B7330 OmniaPRO BlackBerry Bold 9700
Samsung B7320 OmniaPRO B7330 OmniaPRO Samsung • • BlackBerry Bold 9700
Jadi, Eseries telah melakukannya lagi. Anda dapat membantu diri Anda sendiri untuk yang lain utusan dari baja. The E72 Nokia tidak akan hanya di baris berikutnya meskipun, itu ingin memimpin. Ini akan menjadi saat mungkin sebelum Nokia memutuskan untuk pensiun E71, tetapi mereka memastikan tidak akan ada ruang kosong setelah itu.
Untuk saat ini E71 mengambil satu langkah ke peringkat dan terus melakukan tugasnya. E72 melihat itu bahwa lineup up to date. Nokia bertaruh pada dua kuda dalam perlombaan utusan QWERTY dan semua orang senang. Itu termasuk kita - pengguna. Bisnis seperti biasa di Eseries.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar