Rabu, 02 Januari 2013

NOKIA E63 PONSEL BISNIS, DESAIN MODIS

NOKIA E63
NOKIA E71 VS NOKIA E63

Ponsel Bisnis Desain Modis Dengan Eseries

Nokia E63 lebih sering disebut-sebut Adik Nokia E71, Namun Nokia E63 sedikit lebih tebal dari pada nokia E71 dan tidak memiliki tombol samping.
Handset ini menyediakan slot memori microSD dan sebuah port microUSB untuk singkronisasi PC.
TAMPILAN E71 DAN E63
Seperti SMARTPHONE Eseries lainya, E63 menggunakan Operating System Symbian 9.2 S60v3 feature pack 1 sebagai software utamanya.
Meski tak dibekali HSDPA dan built in GPS,Soal performa tak kalah dengan Nokia E71. Karena keduanya menggunakan jenis prosesor dan memory yang sama.
Tentunya ada penyesuaian pada fitur dan fasilitas E63. Di E63 tak di jumpai fitur HSDPA, koneksi Infrared dan penerima GPS Built in. Di luar itu E63 punya kemampuan yang sama atau sejajar dengan E71. Termasuk Pada jenis prosesor. Untuk kamera kembali ke standar yang diadopsi E61i.Tapi NOKIA memberikan sentuhan baru,E63 jadi ponsel Eseries pertama yang dibekali lampu senter.
DESAIN
 Antara E63 dan E71 Sekilas tampak serupa,tapi keduanya juga punya perbedaan yang mencolok.
E63 lebih Minimalis,tak ada tombol khusus untuk kamera dan pengatur Volume.
Di sisi bodi ponsel hanya ada slot kaertu memory dan slot microUSB.
Di bagian atas ada female jack audio 3.5mm. pemilihan sambungan 3.5mm dipandang lebih flexibel untuk headset audio stereo. Beda dengan Nokia E71 yang menggunakan jack audio 2.5mm.
Material back cover terbuat dari bahan plastik dove yang bisa mengurangi rasa LICIN.
Nokia E63 turunan E71 Yang dirancang lebih "affordable" dilihat dari sisi jual, meski antara E63 dan E71 punya desain yang serupa tapi material body E63 terbuat dari bahan plastik beda dengan E71 yang padat dengan bahan logam.
Berbicara mengenai keypad E63 tentu nyaris serupa dengan E71. Hanya saja ada sedikit beda,tuts keypad E63 terasa lebih menonjol.

Empat tombol shortcut ke menu utama,kalender,phonebook, dan messaging turut disertakan tepat dibawah layar. empat tombol ini juga berperas sebagai tombol one touch key, artinya satu tombol bisa diset untuk dua fungsi menu berbeda,"short press" dan "long press" tombol spasi juga berperan sebagai pengaktif senter.

Jenis dan ukuran layar sama persis dengan yang digunaka E71. Jenis layar mengusung konsep landscape, berukuran 2,36 inci atau 48X37mm dengan resolusi 320X240 pixels.Tampilan layar pada homescreen, lebih dinamis dan kaya icon fitur.

KAMERA DAN FITUR LAIN
KAMERA E63

KAMERA E71
Kualitas kamera E63 justru mengacu pada seri E61i yakni 2MP (1900X1200 pixels) tapi dibekali flash light dan cermin self portrait.Bekal fitur kamera mencakup self timer,digital zoom,night mode,sequence mode,colour tone, dan white balance.
Untuk rekam video resolusi maximum masih terbatas yakni QVGA (320X240 pixels) 15 frame per detik.
QuickOffice adalah aplikasi strategis untuk Eseries ,pada E63 mengadopsi versi 4.1.37.3 Dimana kemampuanya mencakup auto find  replace word, ditambah lagi advanced formating untuk kemudahan mengatur penulisan dilayar. Banyak tool edit yang menarik untuk olah naskah word,Excel dan PowerPoint. sebagai tambahan aktive notes. berguna untuk membuat pesan notes yang bisa dikombinasikan dengan konten multimedia wireless presenter dan kamus bahasa inggris-mandarin.
Fitur lain, aplikasi voice aid. ini saangat besar gunanya bagi pengguna ponsel tuna netra. lewat voice aid, pengguna akan dibantu untuk selancar menu bahkan hingga sub menu termasuk panduan lewat suara untuk mendengar nama-nama di phonebook, dan arahan melakukan panggilan.

MUSIK PLAYER DAN KONEKTIFITAS
Meski berada di segmen seri E,Kemampuan pemutar musik E63 terbilang baik. Fitur booster/classical/jazz/pop/rock/balance/loudness dan stereo widening.
format music yang dapat diputar yaitu MP3,WMA,AAC,AMR dll, berkaitan dngan music tersedia jalur menu langsung ke nokia music store. letak buzzer berada dibagian atas bodi.
dengan harga jual dibawah E71,fitur HSDPA terpaksa harus ditiadakan pada E63. Anda harus puas dengan akses internet 3G kec.maks384kbps. selain itu masih ditopang koneksi GPRS class 32 kec. maks 100 kbps dan EDGE class 32 kec. maks 296 kbps.
Urusan koneksi cukup memadai,kecuali absenya koneksi infrared. untuk koneksi wireless mengandalkan bluetooth versi 2.0 , untuk kabel mempunyai bekal fast speed USB. Fitur koneksi lainya yang terbilang baru yakni barcode, lensa kamera bisa membaca kode barcode suatu produk dan bisa disimpan datanya.

MEMORY DAN BATERAI
Antara E63 dan E71 mengadopsi jenis prosesor yang sama yakni ARM 11 369MHZ Single CPU.
Sedang untuk memory internal E63 kapasitasnya lebih besar yakni 120MB , sedang untuk E71 memory internalnya berkapasitas 110MB.
Tak hanya itu kapasitas eksternal  lewat kartu MicroSD E71 berkapasitas up to 8GB, sedangkan E63 Berkapasitas up to 16GB,

Untuk baterai kedua ponsel ini menggunakan baterai LITHIUM POLIMER BP-4L dengan kapasitas 1500mAh waktu siaga 432 Jam dan waktu bicara 11 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar