Cara
Merawat Motor 4 Tak
KALAU motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! Padahal,
biasanya kondisi itu terjadi akibat kita juga yang kurang merawat motor. Untuk
menangani motor yang sering rewel ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas
komponen-komponen mesin, seperti setang seher, seher, dan ring seher, kruk as
serta noken as atau setang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak
pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang,
maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodik dan gunakan merek oli sesuai
dengan rekomendasi pabrikan.
Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan
minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan
air aki pada pagi hari
Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah
secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan
negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar
ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu,
dinamo, atau bagian-bagian lainnya.
Oleh karena itu, jika terjadi hal itu arus listrik yang
dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan
pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu
diperhatikan, jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter, jangan
dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab, bisa
merusak gigi transmisi.
Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang.
Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang
bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera
ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalau lagi
ngebut tiba-tiba putus rantai?
Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus
listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan
pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan
keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran satu mesin kendaraan.
Perhatikan Selang Bensin
Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke
karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi
retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang
mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator.
Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke
karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.
Panaskan Mesin Paling Lama 2 Menit
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama
cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam
mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan, karena akan membuat pipa
knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.
Periksa Tekanan Angin Ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa
berakibat kembang ban motor rusak.
Gunakan Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada
memakai yang tidak asli, meski murah tapi daya tahan kurang. selamat merawat
motor. Jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, motor kesayangan
Anda senantiasa tampil prima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar